Lokasi : Home Warta Daerah Bermasalah, 61 Pasangan Ikut Isbat Nikah PC Fatayat NU Malang

PC NU Kab. Malang

Bermasalah, 61 Pasangan Ikut Isbat Nikah PC Fatayat NU Malang

Email Cetak PDF

Pengurus Cabang Fatayat NU Kabupaten Malang menyelenggarakan kegiatan sidang isbat (penetapan) nikah. Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupetan Malang itu diikuti 61 pasang pengantin, Jumat (3/6).

"Keseluruhan peserta isbat nikah berasal dari berbagai kecamatan, di antaranya Karangploso, Pakis, Lawang, Tumpang dan Pujon," ujar salah satu panitia acara, Umi Khotirotin Nasikhah.

Perempuan yang akrab disapa oyi' itu menambahkan, sidang isbat ini bertujuan agar pasangan suami-istri mempunyai buku nikah dan pernikahan mereka tercatat di KUA.

"Peserta isbat nikah bagi peserta sidang prodeo tidak dipungut biaya dengan disertakan surat keterangan tidak mampu," ujarnya.

Sementara itu, menurutnya untuk peserta mandiri dikenakan biaya 400.000. Biaya ini tentunya lebih terjangkau dibandinglan jika mengurus sendiri yang menbutuhkan biaya sekitar 1,5-2 juta.

Oyi' menambahkan, pasangan nikah yang akhirnya turut serta dalam kegiatan isbat nikah PC Fatayat NU Kabupaten Malang ini mengalami beberapa masalah dalam administrasi pernikahan mereka.

"Ada saja masalahnya antara lain ada oknum modin "aspal", pasangan yang akan nikah sudah membayar tetapi ternyata pernikahan tidak terdaftar di KUA. Kemudian ada pula yang nikah siri karena himpitan ekonomi," imbuhnya.

Selain itu, juga ada peserta yang ikut karena ada kesalahan pada nama di buku nikah sehingga perlu pembetulan buku nikah. (Nidhomatum MR/Zunus)