KH. Achmad Sjaichu

Pengorganisir Konferensi Islam Asia-Afrika (KIAA)

KH. Achmad Sjaichu Lahir di Surabaya pada 1921. Mendapatkan pendidikan di Sekolah Dasar (Tashwirul Afkar) dan Pesantren. Setelah ayahnya meninggal, ibunya menikah lagi dengan KH. Wahab Chasbullah. Sebagai anak tiri pendiri NU, dia sangat banyak mendapatkan kemudahan dalam kariernya kemudian.

Pada tahun 1950, dia terpilih menjadi anggota dewan kota Surabaya, pada tahun 1955 menjadi anggota parlemen nasional mewakili NU Jawa Timur. Memimpin kelompok NU di parlemen selama tahun 1958 – 1960, dia terpilih menjadi wakil ketua parlemen dari tahun 1963 sampai dengan 1966. Dipilih kembali menjadi anggota parlemen dalam pemilu 1971.
Pertama kali menjadid pengurus TanfidziyahPBNU pada tahun 1957, dan dari 1977 sampai dengan 1979 menjabat sebagai ketua. setelah tahun 1979, aktifitas beliau lebih banyak dihabiskan dalam dunia dakwah. Sebuah organisasi untuk bidang ini ia dirikan dengan nama Ittihadul Muballighiin, pada tahun 1978. Dan ia menjadi ketuanya sejak waktu itu juga. Dari semua politisi NU, tidak diragukan lagi, Sjaichu adalah orang yang banyak mempunyai kontak internasional di dunia muslim. Dia lama menjabat sebagai semacam birokrat internasional. Dialah yang mengambil prakarsa mengorganisir Konferensi Islam Asia-Afrika (KIAA), yang akhirnya deselenggarakan pada 1965. Dia juga menjadi presiden Organisasi Islam Asia-Afrika yang lahir pada konferensi tersebut dan terus berlanjut hingga 1973. Sejak saat itu ia tetap aktif dalam Rabitha Ma’ahid al-Islami (Liga Dunia Islam) dan Dewan tertinggi Masjid Dunia, di Makkah.[kholis]

*) Diedit seperlunya dari Bruinnessen, 1999:286.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *